tips merawat rambut bagi wanita berhijab

Bagi wanita atau hijabers yang memakai kerudung atau jilbab dalam kesehariannya, pasti kadang mengalami masalah dengan rambutnya. Masalah rambut yang kadang dialami oleh para hijabers adalah rambut rontok, bau, dan lepek. Namun, jika anda melakukan tips merawat rambut bagi wanita berhijab yang rutin dan teratur, anda tidak akan mengalami masalah- masalah tersebut walaupun anda berhijab.

Setiap wanita pasti ingin memiliki rambut yang berkilau, indah, kuat, dan sehat terlepas ia memaki hijab atau tidak. Hal ini dikarenakan banyak yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota apalagi untuk kaum hawa. Namun, banyak hijabers yang belum mengetahui bagaimana cara merawat rambut mereka agar tidak mengalami kerontokan dan kerusakan.

Akhirnya, mereka malah lebih memilih untuk memotong rambut panjang mereka. Hal itu sebenarnya tidak masalah jika anda menginginkan rambut pendek yang merupakan model rambut untuk wanita berjilbab tapi akan jadi masalah bila anda menyayangi rambut panjang anda.

Lalu bagaimana tips merawat rambut bagi wanita berhijab dan solusi menghindari kerusakan rambut dan mendapatkan rambut sehat walaupun memakai jilbab atau kerudung?

1. Pilih Hijab yang Dapat Menyerap Keringat dan Berwarna Soft

Memakai jilbab atau hijab untuk menutup aurat terkadang dapat membuat kulit kepala mudah berkeringat dan rambut menjadi mudah lepek. Keringat yang berlebih inilah yang justru memicu masalah- msalah rambut seperti, bau apek, lembab, mudah rontok, dan berketombe.

Oleh karena itu, anda harus pintar- pintar melakukan tips merawat rambut bagi wanita berhijab dengan memilih hijab berbahan mudah menyerap keringat, seperti kaos dan katun. Hindari jilbab kaca yang tidak menyerap keringat.

Selain memilih hijab yang mudah menyerap keringat, pilih jilbab dengan warna-warna soft. Sebaiknya pilih jilbab dengan warna soft karena ini akan memberikan efek sejuk pada rambut dan kulit kepala anda. Hindari menggunakan warna-warna gelap ketika cuaca sedangpanas matahari sedang terik. Hijab dengan warna gelap bersifat menyerap panas.

2. Rajin Keramas

Hijabers pasti akan mengalami rambut dan kulit kepala yang lembab akibat keringat pada kulit kepala yang dihijab atau ditutup sepanjang hari. Jika anda berhijab, seharusnya anda rajin melakukan tips merawat rambut bagi wanita berhijab dengan mencuci rambut agar terhindar dari masalah- masalah rambut. Rambut yang tertutup jilbab akan rentan lembab dan bersifat asam.

Keringat adalah sumber bakteri yang jika berbaur dengan kelembaban akan menimbulkan masalah pada kulit kepala. Ketombe adalah masalah yang terjadi yang muncul akibat keringat yang jarang dibersihkan. Rajinlah melakukan keramas apalagi jika anda memiliki banyak aktivitas yang memicu keluarnya keringat berlebih.

3. Gunakan Shampo untuk Kulit Kepala Sensitif, Rambut Rusak, atau Non-Conditioner dan juga Masker Rambut.

Rambut yang dihijab cenderung lembab dan berminyak. Menggunakan shampo khusus wanita berjilbab yang ringan untuk kulit kepala sensitif akan mencegah ketombe datang dan juga menyeimbangkan kondisi kulit kepala. Tips merawat rambut bagi wanita berhijab ini tentunya akan mencegah rambut dari kerontokan.

Hal yang penting adalah pilihlah shampo yang bagus untuk wanita berjilbab dan conditioner yang ringan dan alami untuk mencegah kerusakan rambut akibat terpapar bahan kimia. Selain itu, jangan gunakan shampoo dan conditioner setiap hari. Lebih baik anda menggunakannya selang beberapa hari.

Selain menggunakan shampo untuk rambut berhijab khusus, jadikan masker rambut sebagai sahabat anda. Coba untuk melembabkan rambut anda atau istilahnya deep-moisture dengan mkinyak rambut yang mengandung vitamin seminggu sekali.

Jika anda tidak menemukan atau tidak cocok dengan minyak rambut komersil, racik dua sampai tiga minyak alami, seperti minyak almond, minyak zaitun, dan minyak biji bunga matahari untuk membuat masker rambut yang hebat.

Seminggu sekali, duduk di bawah sinar matahari pagi tanpa hijab dan pijat kepala anda selama kurang lebih 20 menit. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang akan mendorong kesehatan rambut dan kulit kepala.

Oleskan dan aplikasikan masker rambut dua sampai tiga kali dalam seminggu. Vitamin dan pijatan lembut akan mebantu rambut anda tumbuh sehat.

Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, lakukan perawatan di salon atau spa. Biarkan tangan professional yang merawat rambut anda.

4. Pastikan Rambut Kering Alami dan Sisir Rambut Sebelum Mengenakan Hijab

Salah satu hal yang paling penting dalam perawatan rambut bagi wanita berhijab adalah langkah awal sebelum menggunakan hijab tersebut. Sebelum menutup rambut, pastikan bahwa rambut anda telah kering secara alami.

Kering alami ini adalah mengeringkan rambut tidak menggunakan hair dryer tapi kering sendirinya. Dengan rambut yang kering ketika menganakan hijab, rambut akan terhindar dari bau yang tidak sedap.

Selain mengeringkan rambut sebelum berhijab, anda perlu menyisisrnya sebelum menggunakan kerudung. Lakukanlah cara menyisir rambut dengan benar. Gunakanlah sisir dari bahan plastik dengan gigi sisir yang jarang untuk menghindari kerontokan rambut. Jagalah kerapian rambut dengan menyisisr sebelum dan sesudah memakai hijab. Hindari menyisir rambut dari belahan tengah kepala. Hal ini dikarenakan kerontokan rambut bermula pada garis belahan tersebut.

5. Jangan Ikat Rambut Terlalu Sering dan Gerai Rambut Sesekali.

Kadang, mungkin anda tidak menyadari ketika ingin mendapatkan rambut yang rapi dan tidak mencuat disana-sini, anda mengikat rambut terlalu kencang. Hindari melakukan hal ini. Lebih baik anda mengikatnya dalam cepolan longgar atau ikatan ekor kuda dibawah jilbab anda.

Jika rambut ditarik terlalu kencang dan erat, helai rambut akan melemah dan akhirnya rontok. Hal yang perlu dingat adalah cobalah untuk mengubah garis belahan dari waktu ke waktu untuk mencegah rambut di garis tepi mengalami kerontokan.

Selain itu, anda perlu mengetahui cara mengikat rambut panjang saat berjilbab jika anda memiliki rambut panjang. Ikat rambut panjang anda dalam ikatan, gelungan, atau gulungan yang renggang atau longgar.

Pilihlah ikatan rambut yang terbuat dari bahan yang lembut dan hindari ikatan rambut dari karet gelang atau penjepit berbahan logam. Hal ini untuk mengantisipasi adanya gesekan antara rambut dengan alat pengikat rambut tersebut yang dapat memicu kerusakan.

Selain menghindari mengikat rambut terlalu sering, gerai rambut anda sesekali. Memakai jilbab bukan berarti anda mengekang rambut dan menutupnya dengan hijab setiap waktu. Walaupun kesempatan rambut akan bebas lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengenakan hijab, gerai rambut anda saat di rumah atau di kamar. Setelah melepaskan ikatan rambut, sisir dan pijat lembut kulit kepala dan rambut anda untuk melancarkan sirkulasi darah.

Demikianlah tips merawat rambut bagi wanita berhijab. Semoga dengan tpis dan langkah diatas rambut yang selau dihijab akan selalu sehat dan terhindar dari kerusakan.

Baca ulasan lainnya mengenai cara merawat jilbab disamping merawat rambut anda di bawah hijab. Selain itu, ketahui model printed hijab yang kini tengah digandrungi oleh para hijabers Tanah Air.

plug-shop This entry was posted in. Hijab Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*