cara memantapkan hati memakai jilbab

Jilbab adalah identitas dan kewajiban bagi para wanita muslimah. Ada ketaatan kepada Allah dan Rasulnya dengan mekai jilbab atau hijab. Namun, ada saja kegundahan dan kebimbangan dalam hati dengan dalih belum siap untuk berhijab. Oleh karena itu, anda perlu memahami cara memantapkan hati memakai jilbab. Dengan itu, tidak sedikit kaum muslimah yang enggan untuk mengenakan penutup kepala ini.

Apakah anda sedang merasakan hal ini? Inilah beberapa tips cara memantapkan hati memakai jilbab.

1. Pahami Status Hukum Berjilbab

Dalam cara memantapkan hati memakai jilbab, Hal penting yang perlu diingat adalah berhijab atau berjilbab bukanlah suatu trend mode atau fashion yang kini sedang populer. Namun, anda harus tahu dan paham bagaimana status hukum berjilbab dalam Islam.

Setiap wanita yang telah memasuki masa akil baligh diwajibkan oleh Allah dan Rasul untuk menutup aurat. Berjilbab adalah syariat dari Allah dan dicontohkan oleh istri dan anak Nabi Muhammad.

Seperti yang diterangkan dalam Al-Qur’an Al-Ahzaab: 59 bahwa perempuan mukimin seharusnya menjulurkan jilbab ke seluruh tubuh mereka. Hal itu dimaksudkan agar mereka mudah dikenali sebagai orang muslim dan agar wanita- wanita itu tidak diganggu. Allah Maha Pengampun dan Penyayang.

2. Jilbab adalah Bentuk Kasih Sayang Allah SWT.

Apakah anda pernah mendegar zaman Jahiliyah. Zaman arab jahiliyah adalah masa dimana wanita dianggap lebih rendah derajatnya dibandingkan laki-laki. Wanita dianggap sebagai golongan kelas dua dan dipandang sangatlah rendah.

cara memantapkan hati memakai jilbab

Bahkan orang- orang Arab Jahiliyah yang memiliki atau melahirkan anak perempuan akan merasa sangat malu. Ummar Bin Khattab, salah satu sahabat Nabi, pada masa itu pernah mengubur anak perempuannya hidup karena tidak sanggup lagi untuk menahan aib.

Setelah Islam datang, wanita menjadi dimuliakan. Martabat dan harkat perempuan diangkat dari lembah kenistaan yang sangatlah dalam. Posisi wanita dan laki- laki tidak seperti sub-ordinasi dimana yang satu lebih tinggi atau lebih rendah derajatnya. Namun, posisi keduanya menjadi sejajar dan seiring. Yang membedakannya adalah ketakwaan di hadapan Allah SWT.

Sebenarnya, anda sedang memasuki pintu kasih saying Allah ketika memutuskan untuk berhijab. Hijab atau jilbab adalah suatu bentuk persembahan kehormatan yang diberikan pada wanita muslimah. Jilbab akan menutup aurat dan memuliakan anda. Dengan hal ini, ketahui cara memantapkan hati memakai jilbab untuk menguatkan hati anda dan rengkuhlah kehormatan dan kemuliaan itu.

3. Membuat Hati Lebih Tenang, Tentram, dan Ikhlas dan Menumbuhkan Rasa Malu

Dalam cara memantapkan hati memakai jilbab, ketahui bahwa hijab akan membuat pemakainya lebih tenang dan tentram karena akan membuat anda merasa lebih dekat dengan Allah. Hal ini dikarenakan anda telah mematuhi perintah Allah.

Perempuan yang pertama kali hijab mungkin akan mengeluh jilbab merepotkan dan membuat gerah atau panas. Namun, seiring berjalannya waktu, anda akan terbiasa dan merasa nyaman.

Memenuhi perintah Allah dengan mengenakan hijab tentunya akan membuat hati terasa damai dan selalu ingin berdekatan dengan Allah. Ingatlah jangan menunggu hati yang sempurna kemudian baru mengenakan hijab. Akan tetapi, jadikanlah hati lebih sempurna sejalan dengan memakai jilbab.

Selain membuat hati lebih tenang dan damai, berhijab juga melatih diri menjadi sosok yang memiliki rasa malu. Karena kewajiban menutup aurat ini, perempuan akan merasa malu ketika membukanya dihadapan laki-laki. Malu tersebut bukan hanya pada manusia tapi juga terhadap Allah.

Perasaan malu terhadap pakaian yang terbuka lama- lama akan berkembang menjadi rasa malu jika tidak mengerjakan kewajiban dan ibadah lainnya. Misalnya, ia akan semakin rajin dalam menunaikan ibadah sholat 5 waktu. Bahkan anda akan merasa malu jika adzan telah berkumandang, tapi anda tidak segera menunaikan solat. Perasaan malu semakin bertumbuh dengan keinginan untuk belajr puasa, shaum, dan lain-lain.

4. Berteman dengan Teman yang Sudah Berhijab

Apakah anda pernah mendengar jika anda ingin mengetahui seseorang, lihatlah dengan siapa ia berteman. Dalam hadist disebutkan bahwa jika berteman dengan penjual minyak wangi, anda akan terciprat wanginya. Dan barang siapa berteman dengan pandai besi maka anda akan terkena bau keringat dan peluhnya.

Salah satu cara mudah untuk meantapkan hati dalam berhijab adalah berteman dengan teman-teman yang shalihah dan telah berhijab. Apalagi jika mereka menganakan jilbab syar’I sesuai ketentuan syariat Islam. Dari situ, anda bisa saja mendapat nasihat dan pencerahan yang dapat menguatkan hati.

5. Cara Memantapkan Hati dalam Memakai Jilbab Lainnya.

Bila anda sudah berkeinginan mengenakan jilbab tapi belum matap, cobalah untuk browsing dan banyak membaca buku mengenai hijab. Sering-seringlah berlatih menggunakan hijab ketika keluar rumah untuk cara memantapkan hati memakai jilbab.

Selain itu, datangilah majelis atau forum yang membahas tentang Islam. Minta bimbingan di majelis tersebut untuk meyakinkan anda untuk lebih mantap berjilbab.

Belilah jilbab dengan warna- warna netral terlebih dahulu seperti hitam, putih, abu- abu, coklat, agar pas ketika dikombinasikan dengan busana yang akan anda pakai. Cara lainnya adalah mencari model hijab yang cocok bila anda merasa ragu karena jilbab membuat wajah anda lebih tirus atau lebih bulat. Anda bisa mengenakan hijab yang sedang trend, seperti hijab kaca organza dan satin yang licin dan mengkilap.

Ada perempuan yang lebih cocok mengenakan jilbab segi empat da nada juga yang lebih cocok dengan jilbab instan. Selanjutnya, jika anda merasa jilbab membuat anda merasa pnas dan gerah, bayangkan panasnya neraka yang akan menggerogoti jika anda tidak berjilbab di dunia.

Nah, itulah cara memantapkan hati memakai jilbab. Baca ulasan lainnya mengenai tips merawat rambut agar rambut anda tetap indah dan sehat walupun selalu tertutu hijab. Selain itu, ketahui cara merawat jilbab supaya anda lebih mengetahui bagaimana proses setrika, pencucian, dan penyimpanan hijab yang benar.

plug-shop This entry was posted in. Hijab 5 Cara Memantapkan Hati Memakai Jilbab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*